Thursday, February 2, 2012

Landasan dan Asas Kurikulum KTSP

Landasan KTSP

Mulyasa (
2009;223 ) menyebutkan, Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dilandasi oleh undang undang dan peraturan sebagai berikut
  1. Undang – Undang nomor 20 Nomor 20b tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 38 ayat 2 dan pasl 51 ayat 1 
  2. Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan pasal 17 ayat 2 dan pasal 49 ayat 1.
  3. Peraturan Mendiknas nomor 23 tahun 2006 tentang standar isi
  4. Peraturan Mendiknas nomor 23 tahun 2006 tentang standar komptensi kelulusan 
  5. Peraturan Mendiknas nomor 24 tahun 2006 tentang pedoman pelaksanaan permendiknas 22 dan 23

Asas KTSP
Menurut Nasution (2008 :11),  asas yang mendasari setiap kurikulum termasuk KTSP adalah:
  1. Asas filosofi, Asas ini berkenaan dengan tujuan pendidikan yang sesuai dengan filsafat negara 
  2. Asas psikologis yang memperhitungkan faktor anak dalam kurikulum yakni a. Psikologi anak, perkembangan anak, b. Psikologi belajar, bagimana proses belajar anak 
  3. Asas sosiologi yaitu keadan masyarakat, perkembangan dan perubahannya, kebudayaan manusia, hasil kerja manusia berupa pengetahuan dan lain lain.
  4. Asas organisatoris yaitu mempertimbangkan bentuk dan organisasi bahan pelajaran yang disajikan
Namun pada prinsipnya asas dalam kurikulum bertujuan untuk mengembangkan hasil belajar siswa, sehingga dalam pembuatan kurikulum berorentasi akhir pada hasil belajar siswa secara maksimal, perancangan kurikulum berprinsip pada kemudahan siswa memahami materi yang diajarkan.

Semoga bermanfaat, salam Diamond..!!!

Related Post

Semoga Bermanfaat, Jika Sahabat suka dan memperoleh manfaat dari artikel-artikel di blog Komunitas Diamond ini, silakan bagikan ke teman-teman sahabat melalui jejaring sosial dibawah ini: