Mulyasa (2009;223 ) menyebutkan, Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dilandasi oleh undang undang dan peraturan sebagai berikut
- Undang – Undang nomor 20 Nomor 20b tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 38 ayat 2 dan pasl 51 ayat 1
- Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan pasal 17 ayat 2 dan pasal 49 ayat 1.
- Peraturan Mendiknas nomor 23 tahun 2006 tentang standar isi
- Peraturan Mendiknas nomor 23 tahun 2006 tentang standar komptensi kelulusan
- Peraturan Mendiknas nomor 24 tahun 2006 tentang pedoman pelaksanaan permendiknas 22 dan 23
Asas KTSPMenurut Nasution (2008 :11), asas yang mendasari setiap kurikulum termasuk KTSP adalah:
- Asas filosofi, Asas ini berkenaan dengan tujuan pendidikan yang sesuai dengan filsafat negara
- Asas psikologis yang memperhitungkan faktor anak dalam kurikulum yakni a. Psikologi anak, perkembangan anak, b. Psikologi belajar, bagimana proses belajar anak
- Asas sosiologi yaitu keadan masyarakat, perkembangan dan perubahannya, kebudayaan manusia, hasil kerja manusia berupa pengetahuan dan lain lain.
- Asas organisatoris yaitu mempertimbangkan bentuk dan organisasi bahan pelajaran yang disajikan
Semoga bermanfaat, salam Diamond..!!!
Related Post
Pendidikan Umum
- Tinjauan Tentang Persepsi
- Pengaruh Persepsi, Aktifitas, Minat Terhadap Hasil Belajar
- Hubungan Intensitas Ekskul terhadap Prestasi Belajar Siswa
- Teori Belajar Humanistik
- Implementasi Paikem tuntutan Guru Profesional
- 4 Alasan Mengapa Terjadi Kecurangan Ujian Nasional
- Motivasi Belajar
- Disiplinkan Siswa Tanpa Hukuman
- Cara Mengajar yang Baik
- Ciri-ciri Guru Profesional
- Pengertian dan Unsur Kepatuhan Siswa
- Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Siswa Di Sekolah
- Prinsip- Prinsip Belajar
- Aktifitas Belajar
- Kompetensi Guru Mengajar
- Persepsi Siswa Tentang Metode Guru Mengajar
- Budaya Membaca dan Pengertiannya
- Pengertian Literatur dan Jenis Literatur
- Motivasi Berprestasi
- Prestasi Belajar
- Unsur-unsur Model Pembelajaran
- Pengertian, Faktor dan Indikator Hasil Belajar Siswa
- Lingkungan Belajar
- Tinjauan Pustaka Tentang Minat belajar
Pendidikan
- Tinjauan Tentang Persepsi
- Pengertian IPS Terpadu
- Hubungan Intensitas Ekskul terhadap Prestasi Belajar Siswa
- Teori Belajar Humanistik
- Implementasi Paikem tuntutan Guru Profesional
- 4 Alasan Mengapa Terjadi Kecurangan Ujian Nasional
- Motivasi Belajar
- Disiplinkan Siswa Tanpa Hukuman
- Cara Mengajar yang Baik
- Ciri-ciri Guru Profesional
- Pengertian dan Unsur Kepatuhan Siswa
- Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Siswa Di Sekolah
- Prinsip- Prinsip Belajar
- Aktifitas Belajar
- Kompetensi Guru Mengajar
- Persepsi Siswa Tentang Metode Guru Mengajar
- Budaya Membaca dan Pengertiannya
- Pengertian Literatur dan Jenis Literatur
- Motivasi Berprestasi
- Prestasi Belajar
- Unsur-unsur Model Pembelajaran
- Pengertian, Faktor dan Indikator Hasil Belajar Siswa
- Lingkungan Belajar
- Tinjauan Pustaka Tentang Minat belajar