Jadi apabila antara pendekatan, strategi, metode, teknik dan bahkan taktik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran
.
Oleh karena itu, menurut Joyce dan Weil dalam I Wayan Santyasa (2007: 7) model pembelajaran harus memenuhi unsur-unsur sbb:
- syntax yaitu langkah langkah operasional pembelajaran
- social system suasana dan norma yang berlaku dalam pembelajaran
- principles of reaction mengambarkan seharusnya bagaimana guru memandang memperlakukan dan merespon siswa
- support system segala sarana bahan alat atau lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran
- instructional hasil belajar yang diperoleh langsung berdasarkan tujuan yang disasar(instructional effects) dan hasil belajar yang diluar yang disasar (narturant effects)
Related Post
Pendidikan Umum
- Tinjauan Tentang Persepsi
- Pengaruh Persepsi, Aktifitas, Minat Terhadap Hasil Belajar
- Hubungan Intensitas Ekskul terhadap Prestasi Belajar Siswa
- Teori Belajar Humanistik
- Implementasi Paikem tuntutan Guru Profesional
- 4 Alasan Mengapa Terjadi Kecurangan Ujian Nasional
- Motivasi Belajar
- Disiplinkan Siswa Tanpa Hukuman
- Cara Mengajar yang Baik
- Ciri-ciri Guru Profesional
- Pengertian dan Unsur Kepatuhan Siswa
- Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Siswa Di Sekolah
- Prinsip- Prinsip Belajar
- Aktifitas Belajar
- Kompetensi Guru Mengajar
- Persepsi Siswa Tentang Metode Guru Mengajar
- Budaya Membaca dan Pengertiannya
- Pengertian Literatur dan Jenis Literatur
- Motivasi Berprestasi
- Prestasi Belajar
- Landasan dan Asas Kurikulum KTSP
- Pengertian, Faktor dan Indikator Hasil Belajar Siswa
- Lingkungan Belajar
- Tinjauan Pustaka Tentang Minat belajar
Pendidikan
- Tinjauan Tentang Persepsi
- Pengertian IPS Terpadu
- Hubungan Intensitas Ekskul terhadap Prestasi Belajar Siswa
- Teori Belajar Humanistik
- Implementasi Paikem tuntutan Guru Profesional
- 4 Alasan Mengapa Terjadi Kecurangan Ujian Nasional
- Motivasi Belajar
- Disiplinkan Siswa Tanpa Hukuman
- Cara Mengajar yang Baik
- Ciri-ciri Guru Profesional
- Pengertian dan Unsur Kepatuhan Siswa
- Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Siswa Di Sekolah
- Prinsip- Prinsip Belajar
- Aktifitas Belajar
- Kompetensi Guru Mengajar
- Persepsi Siswa Tentang Metode Guru Mengajar
- Budaya Membaca dan Pengertiannya
- Pengertian Literatur dan Jenis Literatur
- Motivasi Berprestasi
- Prestasi Belajar
- Landasan dan Asas Kurikulum KTSP
- Pengertian, Faktor dan Indikator Hasil Belajar Siswa
- Lingkungan Belajar
- Tinjauan Pustaka Tentang Minat belajar