Saturday, March 3, 2012

HSBC Young Entrepreneur Challenge 2012 (Lomba Proposal Bisnis Mahasiswa 2012)

Sahabat Diamond, kali ini saya akan berbagi informasi tentang HSBC Young Entrepreneur Challenge 2012 yang diadakan oleh HSBC sebagai bentuk kepeduliannya pada pengembangan semangat wirausaha. Ajang kompetisi untuk mahasiswa ini berlangsung Maret hingga Juli mendatang. Program ini akan dilaksanakan dalam bentuk workshop dari pakar entrepreneur, kemudian akan dilanjutkan dengan business plan yang akan dinilai lima terbaik. Kemudian diambil tiga terbaik untuk mendapatkan penghargaan dan bantuan Rp 50 juta, dan diikutsertakan dalam global young entrepreneur challenge di Hong Kong.

Pemenang utama kompetisi ini akan berhak mewakili Indonesia di kompetisi serupa untuk bersaing dengan pemenang lain dari Filipina, Bangladesh, Thailand, Brunei, Malaysia, China, dan tuan rumah Hong Kong. Pemenang akan mendapatkan hadiah senilai HKD 50.000 atau senilai dengan Rp 50 juta.

“Indonesia membutuhkan banyak wirausahawan. Seperti yang telah dibuktikan oleh negara maju yang mana pengusaha muda memiliki peran besar dalam menggerakkan ekonomi negara,” kata Maya.
Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) RI menunjukkan di antara puluhan ribu lulusan baru perguruan tinggi, hanya 17 persen yang berminat menjadi wirausaha. Pewirausaha di Indonesia baru mencapai 1,56 persen dari total penduduk. Realitas ini membuat Indonesia tertinggal jauh dari negara Asia lainnya seperti China dan Jepang dengan jumlah pewirausaha 10 persen dari total populasi, Malaysia 5 persen, dan Singapura 7 persen. Amerika Serikat memiliki 12 persen dari total penduduknya yang jadi pewirausaha. Angka ini bisa menjadi pertimbangan mengingat menurut opini sosiolog David McCleiland, untuk membangun ekonomi bangsa dibutuhkan minimal dua persen pewirausaha dari keseluruhan populasi.

Menurut Agus Muharram, Deputi Menteri Koperasi dan UKM Pengembangan Sumber Daya Manusia.“Ajang ini menjadi dorongan bagi orang muda yang memiliki spirit dan modal kuat untuk berwirausaha dan signifikan berkontribusi pada perekonomian nasional. Selain itu, wirausaha ini bakal menambah lapangan kerja. Pemuda kalau berdiam diri tidak akan mendapat apa-apa,”

Note: Bagi sahabat Diamond yang tau cara daftar HSBC Young Entrepreneur Challenge 2012, tolong di share di kolom komentar ya..! Saya sudah keliling2 belum tau cara daftarnya. hehe..

Salam Hangat, Salam Diamond..!!!
Semoga Bermanfaat.
Disarikan dari: http://id.berita.yahoo.com/mau-jadi-pengusaha-ikuti-hsbc-young-entrepreneur-challenge-133647600.html dan www.the-marketer.com

Related Post

Semoga Bermanfaat, Jika Sahabat suka dan memperoleh manfaat dari artikel-artikel di blog Komunitas Diamond ini, silakan bagikan ke teman-teman sahabat melalui jejaring sosial dibawah ini:

6 comments:

  1. Di WEbsitenya gak ada infonya ya sob jadi blm tau juga cara daftarnya,, hehe

    Kunjungan Perdana dari Gaptek

    ReplyDelete
  2. Iya sob, gk ada.. Wah makasih ni master kunjungan perdanananya, jangan sungkan2 buat mampir lain kali.. hehe
    oya, makasih ilmunya kemaren..

    ReplyDelete
  3. Thanks sob, langsung daftar ni..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan saya mampir, lagi nyari info lomba bisnis plan juga ni sob, ini saya mau share sedikit info, semoga bermanfaat..(bukan blog gwa juga sob)
      http://nurrahmanarif.wordpress.com/2012/03/11/lomba-bisnis-plan-2012/

      Salam sukses Pengusaha Muda

      Delete
    2. wah, thanks sob.. info yg cukup bermnfaat..!!

      Salam Diamond..!!!

      Delete
  4. mau promosi juga ini ada bisnis plan berdasarkan agrotech. lebih lengkapnya silahkan click http://www.yac2012.co.cc

    batas pendaftaran sampai 27 Agustus 2012.
    tolong bantu promote ya gan

    ReplyDelete

Thanks komentarnya..