Monday, March 5, 2012

Pengaruh Persepsi, Aktifitas, Minat Terhadap Hasil Belajar

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU, AKTIVITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI
SMA NEGERI 1 BANDAR SRIBHAWONO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
 
Oleh
ALBET MAYDIANTORO

Prestasi belajar siswa merupakan tolok ukur keberhasilan dalam belajar. Banyak faktor yang diduga dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa diantaranya adalah persepsi siswa tentang kompetensi guru, aktivitas belajar dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru, aktivitas belajar, dan minat belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Tahun Pelajaran 2009/2010.

Metode  yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu metode deskriptif verivikatif, dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 156 siswa dengan jumlah sampel 47 siswa, yang diambil dengan teknik simpel random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Untuk pengujian hipotesis penulis menggunakan SPSS.

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Tahun Pelajaran 2009/2010 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukan bahwa nilai thitung > ttabel  7,160 > 2,105. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Tahun Pelajaran 2009/2010 Yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,999 > 2,105. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Tahun Pelajaran 2009/2010. Yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,648 > 2,105. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang kompetensi guru, aktivitas belajar, minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Tahun Pelajaran 2009/2010 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji F yang menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 20,712 > 4,065.

Related Post

Semoga Bermanfaat, Jika Sahabat suka dan memperoleh manfaat dari artikel-artikel di blog Komunitas Diamond ini, silakan bagikan ke teman-teman sahabat melalui jejaring sosial dibawah ini:

5 comments:

  1. wew
    aku pesen ya Skripsi Yang Pendidikan Matematika
    entah PTK atau apapun itu
    yang penting Pendidikan Matematika

    ReplyDelete
  2. Mas Hendriansyah, kenapa referensinya gak dicantumkan ya, pada hal itu yg sangat prlu, biar bisa lihat sumber aslinya....

    ReplyDelete
  3. mohon maaf, referensinya tidak di izinkan oleh penulisnya untuk di posting..

    ReplyDelete
  4. Do you realize there's a 12 word sentence you can communicate to your partner... that will induce deep emotions of love and instinctual attractiveness for you buried within his chest?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, adore and look after you with his entire heart...

    12 Words Will Fuel A Man's Desire Impulse

    This instinct is so hardwired into a man's mind that it will make him work better than ever before to love and admire you.

    Matter-of-fact, triggering this mighty instinct is so mandatory to getting the best possible relationship with your man that once you send your man a "Secret Signal"...

    ...You will instantly find him expose his mind and soul to you in such a way he never expressed before and he will perceive you as the one and only woman in the world who has ever truly interested him.

    ReplyDelete

Thanks komentarnya..