IPS
merupakan singkatan dari Ilmu Pengetahuan Sosial. Mata pelajaran IPS ini ada di
tingkat SD, SMP dan SMA. Dalam penelitian ini akan dibahas tentang IPS yang ada ditingkat SMP.
Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari berbagai perspektif
sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah, geografi, ekonomi,
sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek psikologi sosial yang
disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Menurut
S. Nasution, IPS adalah sebagai pelajaran yang merupakan fusi atau
paduan sejumlah mata pelajaran sosial. Dinyatakan bahwa IPS merupakan bagian
kurikulum sekolah yang berhubungan dengan peran manusia dalam masyarakat yang
terdiri atas berbagai subjek sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi,
dan psikologi sosial (Sofa, 2010).
Moeljono Cokrodikardjo berpendapat bahwa IPS adalah perwujudan dari
suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia merupakan integrasi dari
berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi budaya, psikologi,
sejarah, geokrafi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia, yang diformulasikan
untuk tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar
mudah dipelajari (Sofa, 2010).
Menurut
Tim IKIP
Surabaya bahwa IPS merupakan bidang studi yang menghormati, mempelajari,
mengolah, dan membahas hal-hal yang berhubungan dengan masalah-masalah human
relationship hingga benar-benar dapat dipahami dan diperoleh pemecahannya.
Penyajiannya harus merupakan bentuk yang terpadu dari berbagai ilmu sosial yang
telah terpilih,
kemudian disederhanakan sesuai dengan kepentingan sekolah-sekolah.
Menurut Nu’man Soemantri, IPS merupakan pelajaran ilmu-ilmu sosial yang
disederhanakan untuk pendidikan tingkat SD, SLTP, dan SLTA. Penyederhanaan
disini mengandung arti menurunkan tingkat kesukaran ilmu-ilmu sosial yang
biasanya dipelajari di universitas menjadi pelajaran yang sesuai dengan
kematangan berfikir siswa siswi sekolah dasar dan lanjutan dan mempertautkan
serta memadukan bahan aneka cabang ilmu-ilmu sosial dan kehidupan masyarakat
sehingga menjadi pelajaran yang mudah dicerna (Sofa, 2010)
Berdasarkan beberapa pendapat diatas, silakan disimpulkan sindiri apa yang dimaksud dengan IPS Terpadu.. hehe.. Iya dong, jangan mau disuapin aja. Udah pada gede kan sahabat Diamond?
Berdasarkan beberapa pendapat diatas, silakan disimpulkan sindiri apa yang dimaksud dengan IPS Terpadu.. hehe.. Iya dong, jangan mau disuapin aja. Udah pada gede kan sahabat Diamond?
Related Post
Pendidikan
- Tinjauan Tentang Persepsi
- Hubungan Intensitas Ekskul terhadap Prestasi Belajar Siswa
- Teori Belajar Humanistik
- Implementasi Paikem tuntutan Guru Profesional
- 4 Alasan Mengapa Terjadi Kecurangan Ujian Nasional
- Motivasi Belajar
- Disiplinkan Siswa Tanpa Hukuman
- Cara Mengajar yang Baik
- Ciri-ciri Guru Profesional
- Pengertian dan Unsur Kepatuhan Siswa
- Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Siswa Di Sekolah
- Prinsip- Prinsip Belajar
- Aktifitas Belajar
- Kompetensi Guru Mengajar
- Persepsi Siswa Tentang Metode Guru Mengajar
- Budaya Membaca dan Pengertiannya
- Pengertian Literatur dan Jenis Literatur
- Motivasi Berprestasi
- Prestasi Belajar
- Unsur-unsur Model Pembelajaran
- Landasan dan Asas Kurikulum KTSP
- Pengertian, Faktor dan Indikator Hasil Belajar Siswa
- Lingkungan Belajar
- Tinjauan Pustaka Tentang Minat belajar
Mantaap IPS merupakan mata pelajaran yang saya senangi sampai sekarang :D
ReplyDeleteKomentar Balik Ditunggu :D
Wah, sama klo gitu sob.. ane jg suka dgn IPS, dbnding english.. haha
DeleteKunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
ReplyDeletetetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D
thank sob.. salam kenal
DeleteTerima kasih sharing pengertian tentang IPS'nya Kang... :)
ReplyDeleteKembangkan pembelajaran IPS sehinggga menarik minat dan motivasi siswa... :)
Siap pak guru.. mohon bimbingannya..
DeleteJelaskan pengertian ips
ReplyDelete