Saturday, January 28, 2012

Pengertian Disiplin

Menurut Hodges  “ Disiplin dapat diartikan sebagai sikap seseorang atau kelompok yang berniat untuk mengikuti aturan- aturan yang telah ditetapkan” (Alvin Fadila Helmi 2011:33 ) . Disiplin adalah suatu keadaan tertib, ketika orang orang yang tergabung dalam suatu sistem tunduk pada peraturan peraturan yang ada dengan senang hati. “ Disiplin adalah suatu keadaan tertib, ketika orang orang yang tergabung dalam suatu sistem tunduk pada peraturan-peraturan dengan senang hati”.


Dictionary of education  (1973:186) dalam E. Mulyasa dikemukakan bahwa discipline (school) adalah the maintenance of conditions conducive to the efficient achievement of the school’s functions. Berdasarkan definisi tersebut  “ Disiplin sekolah dapat diartikan sebagai keadaan tertib, ketika guru, kepala sekolah dan staf serta peserta didik yang tergabung dalam sekolah tunduk kepada peraturan yang  telah ditetapkan dengan senang hati”.  (E.Mulyasa 2009:191). Disiplin kerja adalah suatu alat yang digunakan para manajer untuk berkomunikasi dengan kariyawan agar mereka bersedia untuk mengubah suatu prilaku serta sebagai suatu upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kesedian seseorang menaati semua peraturan perusahaan dan norma norma sosial yang berlaku. (Veithzal Rivai 2006 :444) 

Menurut Imron dalam Disiplin kinerja guru adalah suatu keadaan tertib dan teratur  yang dimiliki guru dalam bekerja disekolah  tanpa ada pelanggaran- pelanggaraan yang merugikan baik secara langsung maupun tidak langsung terdahap dirinya, teman sejawatnya dan terhadap sekolah secara keseluruhan.        ( Ondi Saondi dan Aris Suherman 2010: 41) 

Berdasarkan definisi tersebut, jadi dapat diartikan disiplin adalah peraturan dan tata tertib kerja yang harus dipatuhi, atau norma, atau etika, dan kebiasaan yang berlaku umum serta tata cara bertingkah laku dan suasana dalam hubungannya dengan pekerjan. Menegakkan disiplin adalah memberlakukan aturan dan tata tertib kerja dengan menanamkan etika serta norma kerja sehingga tercipta suasana kerja yang tertib, aman, tenang, dan menyenangkan., disiplin sekolah dapat diartikan sebagai keadan tertib, ketika guru, kepala sekolah dan staf serta peserta didik yang tergabung dalam sekolah tunduk kepada peraturan yang ditetapkan dengan senang hati. 

Didalam disiplin juga terkandung prilaku seseorang dalam melakukan kegiatan yang ditunjukkan dengan kesadaran melakukan aturan atau norma yang telah disepakati dan telah ditetapkan baik tertulis maupun tidak tertulis.

Related Post

Semoga Bermanfaat, Jika Sahabat suka dan memperoleh manfaat dari artikel-artikel di blog Komunitas Diamond ini, silakan bagikan ke teman-teman sahabat melalui jejaring sosial dibawah ini: