Thursday, February 16, 2012

6 Tips Sehat dan Nyaman Berkomputer

Sahabat Diamond, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit tips agar sehat dan nyaman berkerja di depan komputer. Ini didasarkan pengalaman saya selama beberapa bulan ini bergumul dengan skripsi. Maklum mahasiswa angkatan tua, yang selalu bingung ketika menjawab pertanyaan "Kamu semester berapa?" hehe..

Oke sahabat Diamond, langsung saja ya..

Berapa jam biasanya teman-teman menghabiskan waktu bekerja di depan komputer?

Radiasi yang ditimbulkan oleh komputer memang tidak sebesar radiasi televisi, tapi kenapa berada terlalu lama di depan komputer seringkali membuat mata terasa gatal, kepala pusing, pundak kaku dan mudah lelah?

Sebenarnya bukan radiasi komputer yang menyebabkan kita mengalami hal-hal diatas, melainkan pencahayaan yang tidak tepat, tata letak komputer dan tata letak barang-barang lainnya

Nah, untuk menghindari resiko tersebut, ada baiknya mencoba beberapa Tips agar sahabat sehat dan nyaman bekerja di depan komputer. Ayo kita coba:
1.       Jaga posisi duduk di depan komputer tetap lurus menghadap komputer agar terhindar dari cidera otot leher.

2.       Pilih kursi yang dapat diatur tinggi-rendah dan senderan punggungnya. Hal ini bisa mengurangi ketegangan otot leher dan pinggang serta membuatmu merasa lebih nyaman.

3.       Atur cahaya monitor dan brightness menu agar tidak terlalu silau atau terlalu redup. Terlalu silau membuat mata mudah lelah, dan terlalu redup akan membuat otot – otot mata tegang.

4.       Letakkan monitor setidaknya 30 cm dari mata dan sejajar dengan mata.

5.       Jika harus membaca dokumen yang panjang, sebaiknya membacanya melalui LCD dengan huruf yang besar. Hal ini membuat kita bisa melihat dari jarak yang lebih jauh dan tidak melelahkan mata.

6.       Ubahlah posisi monitor/PC secara berkala, tentunya tanpa melupakan hal - hal diatas. Memberikan suasana baru pada meja kerja bisa menyegarkan suasana sekaligus membuat lebih rileks.

Semoga tips di atas berguna dan membuat lebih bersemangat menyelesaikan pekerjaan hari ini ya! khususnya untuk teman-teman bloger dan sahabat mahasiswa tingkat ahir. 

Semoga bermanfaat, Salam Diamond..!!!

Related Post

Semoga Bermanfaat, Jika Sahabat suka dan memperoleh manfaat dari artikel-artikel di blog Komunitas Diamond ini, silakan bagikan ke teman-teman sahabat melalui jejaring sosial dibawah ini: