Belajar secara umum dapat diartikan sebagai satu
proses perubahan tingkah laku akibat interaksi individu dengan lingkungannya.
Belajar juga dapat diartikan sebagai suatu interaksi antara siswa dengan sumber
belajar dalam hal ini guru, buku-buku maupun lingkungan.
Untuk mencapai suatu
tujuan pengajaran yang baik perlu didukung oleh prinsip-prinsip belajar yang
mendasarinya. Yang dimaksud prinsip belajar disini adalah aturan-aturan tentang
belajar. Prinsip-prinsip umum belajar dibedakan menjadi dua yaitu
prinsip-prinsip umum yang memandang belajar sebagai suatu proses dan prinsip
umumnya memandang belajar sebagai suatu hasil atau produk.
Adapun prinsip-prinsip umum belajar sebagai proses
memandang bahwa :
- Proses belajar adalah mengalami, berbuat, mengadakan reaksi, tujuan memperoleh pola yang dipelajari, dituntut partisipasi aktif para siswa.
- Respon individu diubah selama belajar.
- Situasi belajar ditentukan oleh tujuan belajar oleh siswa.
- Proses belajar diawali oleh suatu kebutuhan dan tujuan
- Proses belajar akan berlangsung efektif bila materi dan hasil yang diperoleh disesuaikan dengan pengalaman siswa
- Proses belajar akan baik dan efektif bila siswa dapat melihat hasil yang dicapainya dan memahami makna belajar proses belajar dan hasilnya dipergunakan untuk tingkat aspirasi siswa.
- Siswa akan mengalami kesukaran, hamba tan dan situasi yang tidak menyenangkan dalam mencapai tujuan belajar.
- Proses belajar akan berlangsung baik jika disertai bimbingan pengajaran
- Proses belajar dan hasil individu ada kaitannya dengan perbedaan individu kemampuan dan latar belakang siswa. Sedangkan prinsip umum mengenai belajar sebagaimana hasil atau produk disebutkan bahwa hasil belajar berupa sikap dan tingkah laku dan perubahan langsung bagi diri siswa.
Related Post
Pendidikan Umum
- Tinjauan Tentang Persepsi
- Pengaruh Persepsi, Aktifitas, Minat Terhadap Hasil Belajar
- Hubungan Intensitas Ekskul terhadap Prestasi Belajar Siswa
- Teori Belajar Humanistik
- Implementasi Paikem tuntutan Guru Profesional
- 4 Alasan Mengapa Terjadi Kecurangan Ujian Nasional
- Motivasi Belajar
- Disiplinkan Siswa Tanpa Hukuman
- Cara Mengajar yang Baik
- Ciri-ciri Guru Profesional
- Pengertian dan Unsur Kepatuhan Siswa
- Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Siswa Di Sekolah
- Aktifitas Belajar
- Kompetensi Guru Mengajar
- Persepsi Siswa Tentang Metode Guru Mengajar
- Budaya Membaca dan Pengertiannya
- Pengertian Literatur dan Jenis Literatur
- Motivasi Berprestasi
- Prestasi Belajar
- Unsur-unsur Model Pembelajaran
- Landasan dan Asas Kurikulum KTSP
- Pengertian, Faktor dan Indikator Hasil Belajar Siswa
- Lingkungan Belajar
- Tinjauan Pustaka Tentang Minat belajar
Pendidikan
- Tinjauan Tentang Persepsi
- Pengertian IPS Terpadu
- Hubungan Intensitas Ekskul terhadap Prestasi Belajar Siswa
- Teori Belajar Humanistik
- Implementasi Paikem tuntutan Guru Profesional
- 4 Alasan Mengapa Terjadi Kecurangan Ujian Nasional
- Motivasi Belajar
- Disiplinkan Siswa Tanpa Hukuman
- Cara Mengajar yang Baik
- Ciri-ciri Guru Profesional
- Pengertian dan Unsur Kepatuhan Siswa
- Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Siswa Di Sekolah
- Aktifitas Belajar
- Kompetensi Guru Mengajar
- Persepsi Siswa Tentang Metode Guru Mengajar
- Budaya Membaca dan Pengertiannya
- Pengertian Literatur dan Jenis Literatur
- Motivasi Berprestasi
- Prestasi Belajar
- Unsur-unsur Model Pembelajaran
- Landasan dan Asas Kurikulum KTSP
- Pengertian, Faktor dan Indikator Hasil Belajar Siswa
- Lingkungan Belajar
- Tinjauan Pustaka Tentang Minat belajar