Tuesday, February 7, 2012

Prinsip- Prinsip Belajar

Belajar secara umum dapat diartikan sebagai satu proses perubahan tingkah laku akibat interaksi individu dengan lingkungannya. Belajar juga dapat diartikan sebagai suatu interaksi antara siswa dengan sumber belajar dalam hal ini guru, buku-buku maupun lingkungan.
Untuk mencapai suatu tujuan pengajaran yang baik perlu didukung oleh prinsip-prinsip belajar yang mendasarinya. Yang dimaksud prinsip belajar disini adalah aturan-aturan tentang belajar. Prinsip-prinsip umum belajar dibedakan menjadi dua yaitu prinsip-prinsip umum yang memandang belajar sebagai suatu proses dan prinsip umumnya memandang belajar sebagai suatu hasil atau produk.

Adapun prinsip-prinsip umum belajar sebagai proses memandang bahwa :
  1.  Proses belajar adalah mengalami, berbuat, mengadakan reaksi, tujuan memperoleh pola yang dipelajari, dituntut partisipasi aktif para siswa. 
  2. Respon individu diubah selama belajar. 
  3. Situasi belajar ditentukan oleh tujuan belajar oleh siswa. 
  4. Proses belajar diawali oleh suatu kebutuhan dan tujuan
  5. Proses belajar akan berlangsung efektif bila materi dan hasil yang diperoleh disesuaikan dengan pengalaman siswa 
  6. Proses belajar akan baik dan efektif bila siswa dapat melihat hasil yang dicapainya dan  memahami makna belajar proses belajar dan hasilnya dipergunakan untuk tingkat aspirasi siswa. 
  7. Siswa akan mengalami kesukaran, hamba tan dan situasi yang tidak menyenangkan dalam mencapai tujuan belajar. 
  8. Proses belajar akan berlangsung baik jika disertai bimbingan pengajaran
  9. Proses belajar dan hasil individu ada kaitannya dengan perbedaan individu kemampuan dan latar belakang siswa. Sedangkan prinsip umum mengenai   belajar sebagaimana hasil atau produk disebutkan bahwa hasil belajar berupa sikap dan tingkah laku dan perubahan langsung bagi diri siswa.

Related Post

Semoga Bermanfaat, Jika Sahabat suka dan memperoleh manfaat dari artikel-artikel di blog Komunitas Diamond ini, silakan bagikan ke teman-teman sahabat melalui jejaring sosial dibawah ini: