Kepatuhan
siswa di sekolah maka perlu diperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melanggar tata tertib sekolah tersebut
berbeda-beda antara individu yang satu dengan yang lainnya. Secara garis
besarnya dapat dibedakan menjadi dua faktor baik yang bersumber dari dalam diri
siswa maupun yang bersumber dari luar diri siswa.
Menurut Singgih D. Gurnasa (1982:82) mengatakan bahwa yang mempengaruhi kepatuhan siswa adalah:
1.
Yang
bersumber dari dalam diri siswa itu sendiri antara lain
a.
Kesehatan
siswa
b.
Ketidakmampuan
anak dalam mengikuti pelajaran disekolah
c.
Kemampuan
intellectual yang dimiliki oleh anak
2.
Yang
bersumber dari luar diri siswa yakni antara lain
a.
Keadaan
keluarga yang meliputi
-
Suasana
keluarga
-
Cara
orang tua menanamkan disiplin kepada anaknya
-
Harapan
dari orang tua
b.
Bimbingan
yang diberikan oleh orang tua
3.
Keadaan
Sekolah
Hubungan anak dengan sekolah dapat
dilihat dalam hubungannya dengan anak lain dan guru yang menyebabkan ia tidak
senang sekolah.
(Yunita,Erna 2002 :25)
Menurut
Soemanto (1982:146) pelanggaran tata tertib sekolah disebabkan oleh beberapa
faktor seperti:
a.
Faktor
guru
b.
Faktor
lingkungan
c.
Faktor
peraturan yang berlaku
d.
Faktor
sangsi terhadap pelanggarannya
Menurut
Ametembun dalam Yusniati (1996 : 56) faktor-faktor yang mempengaruhi siswa
terhadap tata tertib sekolah adalah
a. Gaya
kepemimpinan kepala sekolah
b. Gaya
kepemimpinan guru
c. Lingkungan
sekolah
Dengan
demikian dapat disimpulkan kepatuhan
siswa dalam melaksanakan tata tertib di sekolah dapat timbul baik dari dalam
diri siswa atau karena pengaruh orang lain atau lingkungan siswa itu sendiri. Sesuai
dengan pendapat Arikunto (1993:119) bahwa kepatuhan merupakan suatu masalah
yang penting, tanpa adanya kesadaran akan keharusan melaksanakan aturan yang
sudah ditentukan sebelumnya pengajaran tidak mungkin dapat mencapai targel
maksimal