Friday, December 9, 2011

Karakteristik Akuntansi Manajemen


Akuntansi Manajemen dapat dipandang dari dua sudut yaitu akuntansi manajemen sebagai salah satu tipe akuntansi dan akuntansi manajemen sebagai salah satu tipe informasi. Sebagai salah satu tipe akuntansi, akuntansi manajemen merupakan suatu system pengolahan informasi keuangan yang digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan bagi kepentingan pemakai
intern organisasi. Sebagai salah satu tipe informasi, akuntansi manajemen merupakan tipe informasi kuantitatif yang menggunakan uang sebagai suatu ukuran, yang digunakan untuk membantu manajemen dalam pelaksanaan pengelolaan perusahaan.
Sistem informasi akuntansi manajemen tidak terikat oleh suatu kriteria formal yang menjelaskan sifat dari masukan, proses dan keluarannya. Kriteria tersebut fleksibel dan berdasarkan pada tujuan yang hendak dicapai manajemen.

Tujuan umum sistem kuntansi manajemen:
1.        Menyediakaninformasi yang diperlukan dalam penghitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang di inginkan manajemen.
2.        Menyediakaninformasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
3.        Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja. Jadi, informas iakuntansi manajemen dibutuhkan dan dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan.

Kegunaan Akuntansi Manajemen :
1.      Perusahaan Dagang
Akmen sebagai alat untuk melakukan analisi terhadap penentuan harga jual dan alternative kebijakan dalam menentukan proses produksi (membeli atau menghentikan pembelian,penjualan dan menerima serta menolak pesanan), analisis laba (BEP), informasi digunakan untuk penyusunan anggaran, sebagai alat evaluasi dengan terlaksananya tujuan yang dicapai, menilai kinerja perusahaan dan kinerja manajer dan pemotivasian manajer atau karyawan.

2.      Perusahaan Jasa
Sebagai alat evaluasi tercapainya tujuan, penentuan harga dalam persaingan harga, analisis laba (BEP), informasi digunakan untuk penyusunan anggaran, menilai kinerja perusahaan dan kinerja manajer dan pemotivasian manajer atau karyawan, dan produktivitas.

3.      Perusahaan Jasa Pelayanan Masyarakat
Sebagai alat evaluasi tercapainya tujuan, penentuan harga sesuai dengan peraturan pemerintah, informasi digunakan untuk penyusunan anggaran, menilai kinerja perusahaan dan kinerja manajer dan pemotivasian manajer atau karyawan, dan produktivitas.

Perbedaan akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen sebagai suatu sistem pengolahan informasi keuangan terletak pada :
1.       Dasar pencatatan
2.      Fokus informasi
3.      Lingkungan informasi
4.      Sifat laporan yang dihasilkan
5.      Keterlibatan dalam perilaku manusia 
6.   Disiplin sumber yang melandasi

Related Post

Semoga Bermanfaat, Jika Sahabat suka dan memperoleh manfaat dari artikel-artikel di blog Komunitas Diamond ini, silakan bagikan ke teman-teman sahabat melalui jejaring sosial dibawah ini: