Sunday, December 11, 2011

Perkembangan Akuntansi Manajemen Setelah Tahun 1980 -an

Pada tahun 1980-an banyak perusahaan Inggris dan Amerika Serikat mengalamikemunduran, bahkan banyak perusahaan yang gagal menghadapi persaingandengan industri-industri baru di kawasan Asia Timur (Jepang). Namun banyakjuga perusahaan yang berhasil memodernisir dengan teknologi maju sehingga mendorong biayanya menjadi efektif dan lebih bersaing.

Pada tahun-tahun
tersebut banyak dilakukan riset-riset dalam bidang akuntansi manajemen, antara lain:
Riset akuntansi manajemen untuk menyusun model yang lebih realistikdan menginterpretasikan perilaku manajerial dan peranan sistem pengendalian.Teori agensi menjadi lebih penting untuk meneliti konflikterhadap pengendalian, kontribusi balas jasa, dan informasi.
1)      Riset akuntansi manajemen untuk menghadapi lingkungan pemanufakturanyang berubah dengan tajam, misalnya ABC dan backflush costing
2)      Riset mengenai model-model komputer untuk menghadpi ketidakpastianjangka pendek, isu-isu strategi umum dan pemasaran, serta akuntansimanajemen yang lebih proaktif dan berorientasi pada lingkungan eksternal.
3)      Riset untuk memahami aspek sosial dan politik pada perusahaan danakuntansi manajemen dan riset mengenai efektivitas akuntansi manajemendalam sektor publik.

Dengan demikian akuntansi manajemen mengalami perkembangan pesat.sekarang ini. Perkembangannya sangat dipengaruhi oleh kemajuan ilmu dari disiplinlain seperti: Teori Ekonomi, Teori Organisasi dan Perilaku, Prinsip Manajemen,kemajuan teknologi dan sebagainya. Sudah banyak metode dan teknik daridisiplin lain yang dipakai untuk memecahkan masalah Akuntansi Manajemenyang terus berkembang dan bertambah kompleks (Tjandra Bachtiar dalam SofyanSyafri Harahap, 1989: 43).

Oleh karena itu Edward Summer dalam Sofyan Syafri Harahap, (1989: 43) menggambarkan perkembangan dan masa depan ilmu Akuntansi Manajemen secara skematis disampaikan sebagai berikut:

 

 Sumber:
Mulyadi, (1993) Akuntansi Manajemen: Konsep, Manfaat, dan Rekayasa, Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta
 Supriyono, R.A. (1997) Akuntansi Biaya dan Akuntansi Manajemen untuk Teknologi Maju dan Globalisasi, BPFE Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Related Post

Semoga Bermanfaat, Jika Sahabat suka dan memperoleh manfaat dari artikel-artikel di blog Komunitas Diamond ini, silakan bagikan ke teman-teman sahabat melalui jejaring sosial dibawah ini: